Laman

Rabu, 09 Mei 2018

Stroke bisa dicegah dengan makan spageti?

Stroke bisa dicegah dengan makan spageti? Menikmati spageti atau pasta berbahan gandum yang dicampur dengan salad mampu menurunkan risiko stroke, demikian menurut penelitian terbaru.

Peneliti tepatnya menyampaikan bahwa konsumsi makanan berserat memang mampu mencegah serangan stroke hingga tujuh persen. Sumber makanan berserat tersebut pun bisa didapatkan dari gandum utuh, buah-buahan, sayuran, dan kacang-kacangan.

Selain stroke, memenuhi kebutuhan asupan serat harian juga akan menjauhkan tubuh dari tekanan darah tinggi dan menurunkan kadar lemak jahat.

"Banyak orang menyepelekan serat. Padahal nutrisi yang satu ini penting. Jadi konsumen perlu edukasi yang lebih mendalam tentang pentingnya serat terhadap kesehatan, misalnya mencegah stroke," papar kepala penulis penelitian, Diane Threapleton, dari University of Leeds.

Sayangnya, peneliti hanya menemukan kaitan antara serat tak larut dengan penurunan risiko stroke. Sementara serat larut tidak memberi manfaat apapun terhadap risiko penyakit stroke.

Serat larut sendiri bisa ditemukan dalam oatmeal, kacang polong, dan buncis. Sementara serat tidak larut yang berperan dalam melancarkan pencernaan di antaranya adalah gandum utuh, buah-buahan, dan sayuran.

Maka dari itu, jika Anda termasuk pecinta spageti atau pasta, lebih baik pilih yang berbahan gandum. Sebab semakin tinggi konsumsi serat, semakin rendah risiko terserang stroke.

Baca juga :






Tidak ada komentar:

Posting Komentar