Laman

Senin, 07 Mei 2018

Sering berpikir sinis bikin orang rentan kena stroke

Sering berpikir sinis bikin orang rentan kena stroke,- Tak hanya kesehatan tubuh yang harus dijaga, tetapi juga kesehatan mental. Jangan pikir bahwa kesehatan mental tak berpengaruh terhadap kesehatan fisik. Bahkan pikiran yang buruk saja bisa mempengaruhi risiko Anda terkena penyakit tertentu. Sebuah penelitian terbaru bahwa orang yang sering berpikiran sinis dan stres bisa meningkatkan risiko stroke.

Hasil tersebut didapatkan peneliti setelah melakukan pengamatan terhadap 6.700 orang dewasa berusia 45 hingga 84 tahun. PEneliti mengamati beberapa hal seperti tingkat stres, perasaan marah, pemikiran sinis pada orang lain, dan lainnya. Peneliti kemudian mengikuti partisipan selama 11 tahun dan mencari kaitan antara faktor psikologis ini dengan risiko stroke mereka.

"Selama ini kita sudah fokus pada beberapa faktor seperti tingkat kolesterol, tekanan darah, rokok, dan lainnya. Semuanya sangat penting, namun penelitian ini menunjukkan bahwa aspek psikologis juga sama pentingnya," ungkap peneliti Susan Everson-Rose dari University of Minnesota.

Pada akhir penelitian diketahui 200 orang terkena stroke. Mereka adalah yang memiliki tingkat pemikiran dan sikap sinis yang tinggi. Penelitian mengungkap bahwa orang yang sering berpikiran sinis dan bersikap sinis berkemungkinan dua kali lipat terkena stroke dibandingkan dengan orang yang kurang sinis.

Sementara itu orang yang depresi berkemungkinan 86 persen lebih tinggi untuk terkena stroke. Orang yang memiliki stres kronis berkemungkinan 59 persen untuk terkena stroke. Meski begitu, peneliti tak menemukan adanya kaitan antara perasaan marah dengan risiko stroke.

Jika Anda ingin terhindar dari stroke, mulai saat ini jangan hanya perhatikan aspek kesehatan fisik Anda, melainkan juga kesehatan mental. Jangan terlalu stres, segera atasi depresi, dan kurangi pemikiran sinis dalam pikiran Anda!

Baca juga 




Tidak ada komentar:

Posting Komentar