Laman

Senin, 25 Desember 2017

wanita berisiko tinggi kena stroke saat menstruasi dini

wanita berisiko tinggi kena stroke saat menstruasi dini,- Menstruasi merupakan siklus alami tubuh wanita yang tak bisa ditolak. Menstruasi terjadi ketika sel telur yang diproduksi tubuh wanita tiap bulannya tidak dibuahi sehingga akan luruh dan keluar.

Umumnya, wanita akan mendapatkan menstruasi pertama di usia 15 tahun. Tak jarang, ada pula wanita yang mengalami menstruasi dini atau bahkan terlambat.

Menurut penelitian yang dilansir dari boldsky.com, menstruasi yang terjadi terlalu awal yaitu di usia 13 tahun atau bahkan kurang akan menempatkan wanita pada risiko tinggi untuk terkena stroke dibandingkan dengan mereka yang mengalami menstruasi di usia normal.

Penelitian yang dilakukan di 1.412 wanita menopause di Jepang menemukan bahwa kasus kematian karena stroke cenderung terjadi pada mereka yang mendapatkan menstruasi di usia dini dan mengalami menopause di usia 45 tahun. Sedangkan wanita yang mengalami menopause di usia 50-an didiagnosis menderita gangguan infark serebral di otak.

"Selain hormon, menstruasi juga dipengaruhi oleh faktor genetik, keadaan tubuh, hingga riwayat kesehatan yang pernah dimiliki. Oleh karena itu perhatikan kondisi kesehatan dan saat kamu mengalami menstruasi pertama yang berfungsi untuk memprediksi gangguan penyakit atau sifat tubuh, termasuk kemungkinan stroke akan terjadi karena menstruasi dini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar